UIN STS JAMBI MELAKUKAN PERSIAPAN UNTUK PENILAIAN MATURITY RATING UNTUK PENILAIAN BLU TAHUN ANGGARAN 2021

UIN STS JAMBI MELAKUKAN PERSIAPAN UNTUK PENILAIAN MATURITY RATING UNTUK PENILAIAN BLU TAHUN ANGGARAN 2021

Maturity model (model maturitas) adalah sebuah teknik yang umum yang sudah terbukti bermanfaat dalam menilai proses bisnis atau aspek spesifik pada organisasi. Teknik tersebut banyak digunakan karena model maturitas dapat menyediakan sebuah jalur bagi organisasi untuk meningkatkan pengelolaan dan pelaksanaan bisnis secara sistematis. Penilaian maturitas dapat digunakan untuk menilai level maturitas organisasi pada aspek tertentu, dimana hasil penilaian dapat digunakan oleh para pemegang kepentingan untuk mengidentifikasi kekuatan dan poin perbaikan, dan mempriotitisasi aktivitas tindak lanjut yang akan dilakukan untuk mencapai level maturitas yang lebih tinggi. Pelaksanaan penilaian maturitas dilakukan menggunakan pertanyaan self-assessment berbentuk kuisioner hingga metode penilaian yang komprehensif sebagaimana direkomendasikan oleh ISO15504 dan Carnegie Mellon SEI CMMI.

Berikut merupakan rincian dari masing-masing aspek penilaian pada Digital Maturity Assessment Tool:   

1. Tata Kelola dan Kepemimpinan – Dukungan manajemen eksekutif, otorisasi, serta proses pelaporan dan detil peran dan tanggungjawab.

2. SDM dan Budaya – Budaya organisasi, termasuk orientasi pada pelanggan, inovasi, risk  appetite dan kemampuan untuk mengelola perubahan terutama pada level staf.

3. Kapasitas dan Kapabilitas – Kemampuan untuk menjadi matang pada aspek digital yang dilihat dari sumber daya, jumlah staf dan keahlian yang dimiliki, akses atas teknologi yang tepat, rencana pelatihan, serta prosedur dan kebijakan pendukung.

4. Inovasi – Kesediaan dan kemampuan untuk menyusun layanan dan produk baru, serta cara penyampaian layanan yang inovatif. Tingkat proaktif dan keinginan untuk menilai dan menerapkan teknologi baru, proses bisnis, dan metode kerja.

5. Teknologi – Kesesuaian platform teknologi yang mendasari program dan sistem yang  mendukung empat pilar lainnya.

Pada awal Juni Tahun 2022, Tim yang telah dibentuk oleh Rektor UIN STS Jambi bekerja sama dalam melengkapi  berbagai data dan dokumen yang diperlukan sesuai standar atau indikator yang diminta. Data atau dokumen yang diperlukan dalam memenuhi indikator penilaian tersebut,  UIN STS Jambi mendapat laporan dari Bagian Keuangan dan SPI, telah dilist oleh Bagian Keuangan untuk dibagikan kepada Tim maupun kepada PIC yang telah ditunjuk pada masing-masing Unit Kerja penyedia data tersebut untuk dikirimkan dan diberikan kepada Tim Bagian Keuangan, untuk selanjutnya akan diunggah pada aplikasi BIOS (BLU Integrated Online System) sebagai data dukung pemenuhan indikator penilaian. Oleh karena pentingnya data sebagai pemenuhan indikator yang diperlukan, maka para pimpinan di unit kerja terkait juga diundang pada kesempatan ini agar bisa ikut memahami dan memantau ketersediaan data yang diperlukan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *